11 OPD Pemprov Lampung Diberikan Akses Pemanfaatan Data Kependudukan

 11 OPD Pemprov Lampung Diberikan Akses Pemanfaatan Data Kependudukan

Bandarlampung — Sebanyak 11 OPD Pemprov Lampung mendapatkan hak akses pemanfaatan data kependudukan masyarakat.

Penandatanganan Perjanjian Kerjasama (PKS), di Aula Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Lampung, Kamis (25/2/2021).

Hal itu setelah dilakukannya penandatanganan Perjanjian Kerjasama (PKS), di Aula Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Lampung, Kamis (25/2/2021).Sekda Provinsi Lampung Fahrizal Darminto, menjelaskan, acara yang digelar Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Provinsi Lampung tersebut merupakan salah satu tahapan dalam pemanfaatan data kependudukan.

“Sebagaiamana hal ini diatur dalam Permendagri No102 Tahun 2019, bahwa bagi OPD yang ingin memanfaatkan data penduduk tidak perlu lagi meminta ke Dukcapil, dengan adanya PKS, maka pusat akan memberikan hak akses tersebut dengan tujuan verifikasi dan validasi berbasis NIK,” ujar Fahrizal.

Adapun 11 OPD yang melakukan penandatanganan yaitu Bapenda, Dinas PSDA, Dinas Ketahanan Pangan Tanaman dan Hortikultura, Dinas Peternakan, Dispora, Dinas Perpustakaan dan Arsip, Dinas Perkebunan, Satpol PP, BKD dan Kesbangpol.

Sementara itu, Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Achmad Seafullah mengatakan PKS hari ini dilakukan untuk 11 OPD. Nantinya, 7 OPD lain segera menyusul.

“Dengan adanya kerjasama ini, maka data kependudukan dapat digunakan untuk berbagai keperluan, namun tetap rahasia datanya terutama data perorangan yang sangat dilindungi oleh Undang-Undang,” ujarnya. (Adpim)

Tinggalkan Komentar Anda Mengenai Berita Ini, Harap berkomentar dengan sopan dan bijak.

Baca Juga

Leave a Reply