Pemprov Lampung Hadiri Launching Komitmen Bersama Penetapan DRPPA dan Desa Konvergensi

 Pemprov Lampung Hadiri Launching Komitmen Bersama Penetapan DRPPA dan Desa Konvergensi

BANDAR LAMPUNG — Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Pemprov Lampung, Qudratul Ikhwan mewakili Gubernur Lampung menghadiri Launching dan Penandatanganan Komitmen Bersama Penetapan Desa Ramah Perempuan dan Peduli Anak (DRPPA) dan Desa Konvergensi Penanganan dan Pencegahan Stunting di Provinsi Lampung secara virtual di Ruang Command Center lt. 2 Diskominfotik Provinsi Lampung, Selasa (26/04/2022).

Gubernur Lampung yang diwakili Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Qudratul Ikhwan dalam sambutannya mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan pada hari ini.

“Saya mengapresiasi TP. PKK Provinsi, Kabupaten/Kota se-Provinsi Lampung dan Perangkat Daerah terkait, atas inisiasi untuk memprogramkan Desa/Kelurahan Model Konvergensi Penanganan dan Pencegahan Stunting sekaligus Desa/Kelurahan Ramah Perempuan dan Peduli Anak di seluruh Kabupaten/Kita se-Provinsi Lampung, ” Kata Gubernur.

Hadir secara langsung dalam kegiatan tersebut Kadis Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Fitrianita Damhuri, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Lampung, Reihana, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat, Desa dan Transmigrasi Provinsi Lampung Zaidirina, Kepala BKKBN Rudy Budiman, mewakili Kepala Bappeda, dan yang mewakili Kanwil Kementerian Agama.

Launching Desa Ramah Perempuan dan Peduli Anak (DRPPA) dan Desa Konvergensi Penanganan dan Pencegahan Stunting di Provinsi Lampung turut dihadiri secara virtual oleh Ketua TP. PKK Provinsi Lampung, Riana Sari Arinal, Sekretaris Umum TP. PKK Pusat, Direktur Sinkronisasi Urusan Pemerintah Daerah (SUPD) III R. Budiono Subambang, Asisten Deputi Bidang Kesetaraan Gender Eni Widiyanti serta TP.PKK Kabupaten/Kota.

Sementara itu Ketua TP.PKK Provinsi Lampung, Riana Sari Arinal menyampaikan program atau kegiatan yang akan dilaksanakan di desa Lokus, diantaranya dengan melakukan pembinaan kelembagaan di TP.PKK desa serta pemberian bantuan UP2K (Upaya Peningkatan Pendapatan Keluarga) dan pojok baca.

Adapun Model Desa Ramah Perempuan dan Peduli Anak serta Desa Konvergensi Penanganan dan Pencegahan Stunting di Provinsi Lampung yang tersebar di 15 Kabupaten/Kota, yaitu :

  1. Kabupaten Tulang Bawang; Desa Kampung Warga Makmur dan Kampung Banjar Dewa di Kecamatan Banjar Agung.
  2. Kabupaten Tanggamus; Desa Kusa dan Desa Tanjung Jati di Kecamatan Kota Agung.
  3. Kabupaten Lampung Selatan; Desa Totoharjo, Kecamatan Bakauheni.
  4. Kabupaten Lampung Tengah; Kampung Tulung Kakan, Kecamatan Bumi Ratu Nuban.
  5. Kabupaten Pesisir Barat; Pekon Way Sindi, Kecamatan Karya Penggawa.
  6. Kabupaten Lampung Barat; Desa Sukaraja, Kecamatan Batu Brak.
  7. Kabupaten Way Kanan; Kampung Rambang Jaya Kecamatan Umpu Semenguk.
  8. Kabupaten Lampung Utara; Desa Sukamaju, Kecamatan Abung Semuli.
  9. Kabupaten Pesawaran; Desa Cipadang, Kecamatan Gedong Tataan.
  10. Kabupaten Pringsewu; Pekon Banjarejo, Kecamatan Banyumas
  11. Kabupaten Tulang Bawang ; Tiyuh Gilang Tunggal Makarta, Kecamatan Lambu Kibang.
  12. Kabupaten Mesuji; Desa Mekar Jaya, Kecamatan Tanjung Raya.
  13. Kabupaten Lampung Timur; Desa Adirejo, Kecamatan Pekalongan.
  14. Kota Metro; Kelurahan Ganjar agung, Kecamatan Metro Barat.
  15. Kota Bandar Lampung; Desa Sumber Agung, Kecamatan Kemiling. (KMF)
Tinggalkan Komentar Anda Mengenai Berita Ini, Harap berkomentar dengan sopan dan bijak.

Baca Juga

Leave a Reply