Sebanyak 439 PNS di Lingkungan Pemprov Lampung Diambil Sumpah dan Mengucapkan Janji PNS

 Sebanyak 439 PNS di Lingkungan Pemprov Lampung Diambil Sumpah dan Mengucapkan Janji PNS

Bandar Lampung – Gubernur Lampung yang diwakili Sekretaris Daerah Provinsi Lampung Fahrizal Darminto mengambil Sumpah/ Janji PNS dilingkungan Pemerintah Provinsi Lampung, bertempat di Gedung Sumpah Pemuda PKOR Way Halim, Kamis (06/10/2022).

Saat menyampaikan sambutan tertulis Gubernur Lampung, Sekdaprov menyampaikan bahwa seluruh PNS yang diambil sumpahnya agar bersyukur atas amanah yang telah diberikan. Cara bersyukur yang dapat dilakukan adalah dengan melaksanakan tugas yang telah diberikan dengan sebaik-baiknya.

PNS dalam undang-undang aparatur negara memiliki beberapa fungsi yaitu sebagai pelayan publik dan pelaksana kebijakan publik untuk mewujudkan negara yang mana tujuan dari bernegara itu adalah memberikan perlindungan kepada masyarakat, memajukan kesejahteraan bangsa, mencerdaskan kehidupan bangsa. Tujuan bernegara ini tidak dapat terpenuhi tanpa adanya aparatur negara.

Dalam kesempatan itu, Sekdaprov menyampaikan bahwa PNS diminta untuk tidak mendahulukan kepentingan pribadi/golongan, yang harus didahulukan adalah kepentingan publik karena PNS merupakan pelayan publik.

Sekdaprov juga menyampaikan pesan Gubernur Lampung, bahwa PNS agar memiliki kemampuan Sociocultural.
“Pak gubernur meminta kita semua memiliki kompetensi sociocultural sehingga kita dapat menjelaskan kepada masyarakat bahwa PNS tugas nya melayani. Masyarakat bersama PNS juga harus saling mendukung dalam memajukan pembangunan, mencerdaskan kehidupan, supaya cita-cita bernegara dapat tercapai,” ucapnya.

“Mudah-mudahan dengan pengambilan sumpah ini dapat meningkatkan semangat kita dalam memberikan pelayanan publik dan pengabdian kepada negara.” tutupnya.

Dalam kesempatan yang sama, Plt. Kepala BKD Meiry Harika Sari sebagai ketua pelaksana kegiatan menyampaikan bahwa Sumpah/ janji ini memiliki dua tujuan, yaitu :

Pertama, sumpah/ janji ini dilakukan untuk menciptakan PNS yang memiliki komitmen, loyalitas, disiplin, bersih jujur dan sadar akan tugas dan tanggung jawab sebagai unsur aparatur negara, abdi negara dan abdi masyarakat sehingga dapat memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat.

Kedua, sumpah/ janji ini diharapkan mampu menciptakan tertib administrasi kepegawaian dilingkungan Pemerintah Provinsi Lampung sebagaimana yang diamanatkan dalam peraturan perundangan-undangan.

Meiry berharap melalui pengambilan sumpah / janji ini, PNS di lingkungan Pemerintah Provinsi Lampung memiliki komitmen untuk memegang teguh isi dan makna sumpah janji.

“Melalui pengambilan sumpah janji pegawai negeri Sipil, diharapkan pns dilingkungan Pemerintah Provinsi Lampung memiliki komitmen untuk memegang teguh isi dan makna sumpah janji sebagai landasan membangun kinerja dengan penuh kejujuran, keikhlasan, tanggung jawab serta disiplin yang tinggi dalam menyelenggarakan pemerintahan dan pembangunan di daerah Lampung yang kita cintai.” tutupnya.

Pelaksanaan Sumpah/Janji PNS Pelantikan PNS Tahun 2022 dilingkungan Pemerintah Provinsi Lampung ini diikuti oleh 439 peserta dari 28 perangkat daerah dilingkungan Pemerintah Provinsi Lampung. (Dinas Kominfotik Provinsi Lampung)

Tinggalkan Komentar Anda Mengenai Berita Ini, Harap berkomentar dengan sopan dan bijak.

Baca Juga

Leave a Reply