Dugaan Kebocoran Anggaran di Sekretariat, Komisi di DPRD Tubaba Saling Lempar

 Dugaan Kebocoran Anggaran di Sekretariat, Komisi di DPRD Tubaba Saling Lempar

Dugaan Kebocoran Anggaran terkait dengan Belanja Jasa Media Siber Grade A di Sekretariat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Tulang Bawang Barat (Tubaba) Tahun 2023. Ketua Komisi I dan Ketua Komisi III Saling Lempar Tanggung Jawab.

Ketua Komisi I enggan berkomentar dengan Alasan pengadaan merupakan ranah ke pengawasan Komisi III. Sementara Ketua Komisi III Berdalih bahwasanya hal itu sepenuhnya merupakan kewenangan sekretariat, Bahkan Ketua Komisi III DPRD Tubaba mengarahkan untuk minta tanggapan langsung kepada salah satu Wartawan Senior di Tubaba.

Yantoni. Ketua Komisi I DPRD Tubaba. Selasa (18/4/2023) di Aula lantai 2 Gedung DPRD Tubaba usai mengikuti Rapat Paripurna Penyampaian LKPJ Tahun 2022 mengatakan bahwasanya Pengadaan merupakan ranah pengawasan Komisi III.
” Ini kan Pengadaan, sama pak Paisol Komisi III” Kata Yantoni.

Sementara, Paisol. Ketua Komisi III DPRD Tubaba ketika dimintai tanggapannya berdalih bahwa hal itu merupakan kewenangan Sekretariat.
” Wah itu urusan sekretariat teknis” Ujar Paisol.

Selanjutnya, Paisol berdalih dengan mengarahkan untuk konfirmasi dengan salah seorang Wartawan Senior di Tubaba untuk memberikan Steatmen.
” Kamu wawancara mirwan saja, biar mirwan saja yang Jawab” Elak Paisol.

Belanja Media Siber Grade A di Sekretariat DPRD Tubaba Tahun 2023 Terindikasi Kebocoran Anggaran

Belanja Jasa Berita Berbayar, Media Siber Grade A di Sekretariat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Tulang Bawang Barat (Tubaba) Tahun Anggaran 2023 terindikasi kuat mengarah pada Dugaan Kebocoran Keuangan Negara.

Pasalnya, Sekretariat DPRD Tubaba pada tahun 2023 menganggarkan Dana sebesar Rp.369.000.000. untuk belanja Media Siber Grade A, dengan Volume Pekerjaan 428 pertayang dengan Pagu Rp 214.000.000.
Media Elektronik Grade C, dengan volume pekerjaan 8 pertayang total pagu Rp. 24.000.000.
Media Cetak Harian. Volume Pekerjaan 25 Per Tayang dengan Total pagu Rp.131.000.000.

Akan tetapi, dalam pelaksanaan kegiatan untuk Belanja Media Siber Grade A, dengan Volume Pekerjaan 428 pertayang dengan Pagu Rp 214.000.000. di tetapkan dengan harga yang bervariasi, mulai dari besaran 300 ribu, 400 ribu hingga 500 ribu rupiah. Sehingga Belanja Media di Sekretariat DPRD Tubaba Tahun 2023 terindikasi mengarah pada Kebocoran Keuangan Negara.

Padahal, Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) Tubaba telah mengeluarkan Pengumuman Nomor : 480 / 776 /II.15/TUBABA/2023 Tentang Pemeringkatan Media Massa Untuk Kerjasama Diseminasi Informasi Tahun Anggaran 2023

Berdasarkan hasil verifikasi dan validasi perusahaan media massa yang mendaftar pada aplikasi e media Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Tulang Bawang Barat, berikut pemeringkatan media massa untuk Kerjasama Diseminasi Informasi Tahun Anggaran 2023 berjumlah 276 media terverifikasi yang terdiri dari. Media Siber 217, Grade A 18, Grade B 78 dan Grade C 121.
Media Cetak 54, Grade A 19, Grade B 30 dan Grade C 5.
Media Elektronik 5. Grade A 4 dan Grade C 1.

Dalam surat pengumuman itu menerangkan bahwa Perusahaan media massa yang telah mendapatkan pemeringkatan hanya dapat melakukan Kerjasama Diseminasi Informasi melalui Proses Belanja Jasa dengan mekanisme e-purchasing melalui aplikasi e-katalog Kabupaten Tulang Bawang Barat.

dijelaskan juga bahwa hasil verifikasi dan validasi serta pemeringkatan perusahaan media massa ini menjadi rujukan pokok (termasuk untuk Pemerintah Tiyuh se-Kabupaten Tulang Bawang Barat) dalam rangka Diseminasi Informasi melalui media massa untuk Tahun Anggaran 2023.

Berdasarkan dokumen yang di peroleh media pada laman https://sirup.lkpp.go.id/sirup/ro/penyedia/satker/101786 di dapati, Sekretariat DPRD Tubaba menganggarkan Dana sebesar Rp.369.000.000. yang di pusatkan pada. Tiga Paket Belanja Media yang di tetapkan dengan metode pengadaan langsung di antaranya,

Paket B.4.2. Media Siber Grade A
Volume Pekerjaan 428 Per Tayang dengan Pagu. Rp. 214.000.000

Nama Paket B.4.2. Media Elektronik Grade C;
Volume Pekerjaan 8 Per Tayang dengan Total Pagu Rp.24.000.000

Nama Paket B.4.2. Media Cetak Harian. Volume Pekerjaan 25 Per Tayang dengan Total pagu Rp.131.000.000

Paradiba. Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan (PPTK) Ketika dimintai keterangan penetapan harga Sama pada belanja tersebut. Paradiba berdalih bahwa belanja yan di berlakukan berdasarkan Standar Satuan Harga,

” Karena mungkin SSH nya maksimal, tapi kan karena kita melihat Verifikasi Diskominfo, ada Grade A, Grade B, Grade C, jadi harganya di maksimal kan, di bawah itu juga boleh ” Elak Paradiba dengan nada Ragu.

Ketika dimintai keterangan terkait pertanggungjawaban dari pelaksanaan kegiatan tersebut Paradiba mengatakan bahwa Surat pertanggung jawaban kegiatan tersebut di tetapkan dengan harga yang berbeda berdasarkan Grade.

” Kalau untuk SPJnya, Grade A 500 ribu, Grade B 400 ribu, Grade C 300 ribu, sesuai” Beber Paradiba.

Ketika dimintai keterangan jumlah Media yang telah tergabung dalam pelaksanaan kegiatan tersebut, Paradiba menegaskan bahwasanya kegiatan tersebut sedang berlangsung, sehingga dirinya mengarahkan untuk konfirmasi langsung dengan Kepala Bagian sebagai Kuasa Pengguna Anggaran (KPA).

” Ini kan masih berlanjut, langsung saja sama Kabag” Elak Paradiba.

Tinggalkan Komentar Anda Mengenai Berita Ini, Harap berkomentar dengan sopan dan bijak.
Digiqole ad

Baca Juga

Leave a Reply