Bupati Dawam Mengharapkan Rakorwil Ini Mampu Melahirkan Ide dan Gagasan

 Bupati Dawam Mengharapkan Rakorwil Ini Mampu Melahirkan Ide dan Gagasan


 

Lampung Timur – Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (Apkasi) Koordinator Wilayah (Korwil) Lampung menggelar rapat koordinasi wilayah (rakorwil)  yang mana Kabupaten Lampung Timur menjadi tuan rumah pelaksaan APKASI yang ke 3 di Provinsi Lampung, acara yang berlangsung di Aula Rumah Dinas Bupati Lampung Timur, Senin (19/6/2023).

Hadir dalam Rakorwil, Gubernur Kampung Arinal Djunaidi, Wakil Ketua Umum Apkasi Dadang Supriatna, Direktur Eksekutif Apkasi Sarman Simanjorang, Ketua Apkasi Korwil Lampung Musa Ahmad dan Bupati se- Provinsi Lampung.

Rakorwil dibuka dengan penayangan video selayang pandang tentang Lampung Timur.

Dalam sambutanya Gubernur Lampung Arinal Djunaidi mengajak Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (Apkasi) Provinsi Lampung terus meningkatkan sinergitas dan membangun kinerja bersama demi mewujudkan Lampung Berjaya.

“Mari wujudkan kinerja bersama, Apkasi membangun demi Lampung Sejahtera,” ungkapnya.

Arinal mengatakan untuk mewujudkan Lampung Berjaya, para Bupati yang tergabung dalam Apkasi ini untuk bisa ikut andil mensukseskan program-program Pemerintah Provinsi Lampung untuk kesejahteraan masyarakat khususnya di pedesaan.Antara lain Smart Village dam program Elektronik Samsat Desa (e-Samdes).

Melalui Smart Village ini sehingga desa dapat menyelesaikan berbagai permasalahannya dengan cerdas dan mengembangkan potensi yang dimiliki menjadi nilai tambah peningkatan kesejahteraan masyarakat dengan memanfaatkan teknologi informasi,” terangnya.

Kemudian, e-Kartu Petani Berjaya (e-KPB) yaitu program untuk memberikan dukungan kepada petani dalam upaya peningkatan produksi pertanian dan kesejahteraan petani.

Arinal juga meminta para Bupati untuk bisa lebih konsen dan produktif untuk mengembangkan potensi masing-masing daerahnya.

“Seperti di Lampung Timur sebagai penghasil pasir, potensi perikanan, rencana pembangunan industri kaca dan fungsi Labuhan Maringgai,” katanya.

Dalam rangka Pemilu dan Pilkada serentak Tahun 2024, Arinal mengajak bersama masyarakat untuk menjaga situasi politik dan keamanan daerah tetap dalam kondisi aman dan kondusif pada di wilayahnya.

Atas kekompakan yang dibangun bersama semua pihak termasuk bersama dengan para Bupati, Arinal menyebut sampai Juni 2023, Provinsi Lampung sudah mendapatkan penghargaan dari kementerian dan lembaga terkait sebanyak 117 penghargaan.

“Saya mengucapkan terima kasih atas kerjasama semua pihak termasuk seluruh Bupati, Lampung sudah meraih 117 penghargaan. Ini kerja nyata dan kerja kita bersama,” ujarnya.

Bupati Lampung Timur M Dawam Rahardjo yang juga Sekretaris Apkasi Korwil Lampung di dampingi Wakil Bupati Azwar Hadi  mengharapkan rakorwil ini mampu melahirkan ide dan gagasan.

“Tentu dalam upaya menjawab berbagai permasalahan yang ada, dalam rangka meningkatkan kemajuan dan perkembangan kabupaten di wilayah Lampung tercinta ini,” ujar Dawam.

Dawam menyebutkan, Apkasi harus memiliki semangat yang kuat dalam membangun daerah.

“Sebagai Asosiasi Pemerintah Kabupaten, Apkasi tentu harus memiliki semangat yang kuat dalam membangun daerah,” katanya.

“Serta dalam memperjuangkan kepentingan dan aspirasi daerah, maupun dalam memfasilitasi kepentingan pemerintah kabupaten, dalam penyelenggaraan pemerintahan daerah sesuai hakikat otonomi daerah,” paparnya.

Sementara, Ketua Apkasi Korwil Lampung yang juga Bupati Lampung Tengah Musa Ahmad menjelaskan, kepala daerah membutuhkan banyak informasi baru, ide tentang perubahan, serta memerlukan masukan dari sesama kepala daerah.

“Oleh karenanya, pertemuan ini merupakan momentum yang sangat bermanfaat untuk kita sekalian,” ucap Musa.

Sementara itu, Wakil Ketua Umum Apkasi Dadang Supriatna mengatakan kehadiran Apkasi siap bersinergi mewujudkan Lampung Berjaya.

“Mari bersinergi dengan Provinsi Lampung, Apkasi hadir membangun Provinsi Lampung Berjaya,” ujar Dadang.

Dadang menjelaskan melalui Rakorwil Apkasi Lampung, dapat membahas dan merumuskan rekomendasi yang akan menjadi materi Rakernas Apkasi 2023 mendatang. (Rls/ Tri)

Tinggalkan Komentar Anda Mengenai Berita Ini, Harap berkomentar dengan sopan dan bijak.
Digiqole ad

Baca Juga

Leave a Reply