Gubernur Arinal Raih Penghargaan Upakarya Wanua Nugraha 2023 dari Kementerian Dalam Negeri

 Gubernur Arinal Raih Penghargaan Upakarya Wanua Nugraha 2023 dari Kementerian Dalam Negeri

JAKARTA — Gubernur Lampung Arinal Djunaidi meraih penghargaan Upakarya Wanua Nugraha 2023 dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) atas keberhasilannya dalam membina desa dan kelurahan.

Keberhasilan pembinaan desa dan kelurahan di Lampung itu terbukti dengan peraihan Juara Satu dalam Lomba Kelurahan Tingkat Regional dan Juara Dua Lomba Desa Tingkat Regional Tahun 2023.

Penyerahan penghargaan Upakarya Wanua Nugraha 2023 diserahkan langsung oleh Menteri Dalam Negeri, M. Tito Karnavian, di Hotel Discovery, Ancol, Kecamatan Pademangan, Jakarta Utara, Selasa (15/8/2023).

Penghargaan itu diterima Sekretaris Daerah Provinsi Lampung Fahrizal Darminto, mewakili Gubernur Arinal.

Seperti diketahui, Lomba Desa dan Kelurahan Tingkat Provinsi Tahun 2023 merupakan wujud apresiasi dari Kementerian Dalam Negeri kepada Pemerintah Desa dan Kelurahan sekaligus sarana penyebarluasan informasi mengenai keberhasilan mereka dalam memajukan penyelenggaraan pemerintahan, kewilayahan, dan kemasyarakatannya.

Lomba Desa dan Kelurahan Tahun 2023 diharapkan mampu membangun semangat kompetisi antara Desa dan Kelurahan di setiap daerah mendorong pemerintahan Desa dan Kelurahan untuk melakukan inovasi demi meningkatkan kualitas pelayanan kepada masayarakat.

Pada Tahun 2023 ini, untuk Regional I atau wilayah Sumatera, Provinsi Lampung meraih dua penghargaan sekaligus, yaitu untuk lomba Kelurahan Tingkat Regional Tahun 2023, Kelurahan Yosorejo Kecamatan Metro Timur Kota Metro meraih Juara Pertama. Sedangkan Lomba Desa Tingkat Regional Tahun 2023, Desa Pujokerto Kecamatan Trimurjo Kabupaten Lampung Tengah meraih juara ke dua.

Adapun salah satu yang berbeda dari Provinsi Lampung dibanding dengan Provinsi lainnya adalah terkait program smart village melalui aplikasi Smart Village dan Smart School.
Program Smart Village adalah janji Gubernur Lampung, Arinal Djunaidi yang ke-30, yang berisikan; Meningkatkan literasi internet dan layanan perpustakaan bagi warga Desa, memfasilitasi digitalisasi administrasi Desa, e-participation. Program Smart Village mempunyai tujuan; meningkatkan pelayanan administrasi pemerintahan Desa dan administrasi kependudukan secara online, meningkatkan transparansi pelaksana dan pembangunan pemerintah Desa, menertibkan data kependudukan dan memudahkan partisipasi masyarakat.

Penghargaan Upakarya Wanua Nugraha diberikan kepada kepala daerah sebagai pembina Desa juara lomba desa dan kelurahan tahun 2023 atas prestasi dan komitmen dalam memajukan desa dan kelurahan di wilayahnya.

Selain Lampung, penghargaan juga diberikan kepada Gubernur di enam Provinsi lain. Yakni Gubernur Riau, Gubernur DKI Jakarta, Gubernur Bali, Gubernur Kalimantan Timur, Gubernur Nusa Tenggara Barat, dan Nusa Tenggara Timur.

Sementara tingkat Kabupaten/Kota, penghargaan Upakarya Wanua Nugraha diberikan kepada Delapan Bupati/Walikota. Diantaranya Bupati Kampar, Bupati Berau, Bupati Alor, Walikota Metro, Walikota Jakarta Utara, Walikota Denpasar, Walikota Balikpapan, dan Walikota Bima.

Dalam kesempatan itu, Menteri Dalam Negeri, M. Tito Karnavian mengapresiasi kepala daerah sebagai pembina desa dan kelurahan yang telah menerima penghargaan Upakarya Wanua Nugraha tahun 2023.

Mendagri juga memberikan apresiasi kepada seluruh Pemerintah Desa dan Kelurahan meraih prestasi terbaik dalam lomba desa dan kelurahan tahun 2023. (Adpim)

Tinggalkan Komentar Anda Mengenai Berita Ini, Harap berkomentar dengan sopan dan bijak.
Digiqole ad

Baca Juga

Leave a Reply