Gubernur Lampung Buka Dialog Kebangsaan Sambut Tahun Politik 2024

 Gubernur Lampung Buka Dialog Kebangsaan Sambut Tahun Politik 2024

Bandar Lampung — Gubernur Lampung diwakili Sekretaris Daerah Provinsi Lampung, Fahrizal Darminto, mengikuti dialog kebangsaan dalam rangka menyambut tahun politik 2024, bertempat di Gedung Pascasarjana Universitas Bandar Lampung, Kamis (07/12/2023).

Gubernur Lampung dalam sambutan tertulis yang dibacakan oleh Sekdaprov, mengapresiasi ICMI Orwil Lampung atas dilaksanakannya acara ini, karena ICMI merupakan tempat berkumpulnya para cendekiawan, sehingga Gubernur yakin dan tak meragukan kiprah ICMI. Karena sejak kelahirannya hingga hari ini, kontribusi ICMI cukup besar terhadap pembangunan bangsa dan negara ini.

“Pada hari ini kita hidup ditengah-tengah masyarakat dengan sistem keberagaman atau pluralisme bangsa, yang harus dirawat dengan sebaik-baiknya untuk menjaga persatuan dan kesatuan bangsa,” ujar Gubernur.

Organisasi cendekiawan muslim juga sudah banyak melahirkan ide-ide dan gagasan yang komprehensif serta sistematis yang langsung dapat berimplikasi secara positif di tengah masyarakat.

Oleh karena itu, kedepan ICMI harus bisa meningkatkan kembali kiprahnya agar dapat menjadi pembawa rahmat untuk semesta alam atau Rahmatan lil alamin sebagaimana yang sudah dilakukan oleh Nabi Muhammad SAW dalam membentuk masyarakat madani.

Dalam menghadapi tahun politik 2024, masyarakat diminta tetap berpegang teguh kepada Pancasila. Pancasila harus menjadi tali pengikat bagi semua masyarakat sehingga apapun pendapat dan perbedaan harus selalu dalam ikatan Pancasila. Karena Pancasila merupakan ruh atau jiwa yang harus dijaga dan diterapkan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya.

“Kedepan juga kami berharap kepada kita semua untuk dapat lebih berperan aktif dalam membangun daerah, bangsa dan Negara ini,” lanjutnya.

Untuk itu, melalui dialog hari ini Gubernur meminta semua masyarakat untuk :

  1. Menjaga kerukunan antar semua komponen bangsa khususnya di Provinsi Lampung serta menjaga kondusivitas sosial di semua jajaran.
  2. Jauhi berita-berita hoax yang belum tentu kebenarannya, saringlah informasi dengan sebaik-baiknya dan tetaplah menjaga perdamaian antar sesama masyarakat.

“Tahun politik 2024 adalah panggung bagi kita untuk mengukir sejarah bersama. Saya yakin, dengan semangat kebangsaan dan kebersamaan yang tinggi, kita dapat mewujudkan Indonesia, khususnya Provinsi Lampung yang aman, berbudaya, maju dan berdayasaing, serta sejahtera,” ujar Gubernur.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI) Orwil Lampung M. Yusuf S. Barusman, mengatakan kegiatan pagi hari ini dalam rangka perayaan Hari Ulang Tahun ICMI ke 33 tahun dan juga persiapan perayaan pemilu serentak 2024.

“ICMI itu organisasi dilatari dengan cendekiawan yang mempunyai misi politik, keagamaan dan kebangsaan. Menyambut tahun politik, tentu ICMI juga harus ikut berpartisipasi bertanggung jawab terkait dengan keberlangsungan bangsa ini,” ujar Yusuf.

Hadir dalam acara dialog Wakil Kepala Kepolisian Daerah Lampung Brigjen Pol. Umar Effendi, Komandan Korem 043/Gatam Brigjen TNI Iwan Ma’ruf Zainudin, Ketua PW NU Lampung Puji Raharjo, Ketua PW Muhamadiyah Lampung Sudarman, Ketua Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI) Orwil Lampung M. Yusuf S. Barusman. (Rls/ Herwan)

Tinggalkan Komentar Anda Mengenai Berita Ini, Harap berkomentar dengan sopan dan bijak.
Digiqole ad

Baca Juga

Leave a Reply