Pemprov Lampung Gelar Rakor Hadapi Nataru 2024

 Pemprov Lampung Gelar Rakor Hadapi Nataru 2024

BANDAR LAMPUNG – Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Provinsi Lampung menggelar High Level Meeting dalam rangka Rapat Koordinasi menghadapi Hari Raya Natal 2023 dan Tahun Baru 2024, di Hotel Bukit Randu, Kamis (7/12/2023).

Dalam arahannya, Gubernur Arinal meminta kepada seluruh pihak yang terlibat agar dapat melakukan persiapan yang lebih baik dari tahun sebelumnya karena momen Nataru ini merupakan peristiwa rutin yang terus dihadapi setiap tahun.

Gubernur juga meminta agar pihak-pihak terkait melakukan monitoring terhadap permasalahan yang mungkin terjadi menjelang Natal 2023 dan Tahun Baru 2024.

Diantaranya peningkatan permintaan kebutuhan pokok masyarakat dan kecenderungan peningkatan harga, potensi kecelakaan dan kemacetan lalu lintas, peningkatan kebutuhan layanan transportasi dan infrastruktur, potensi gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat serta cuaca ekstrem.

“Untuk itu, lakukan berbagai langkah sinergis, responsif dan tepat sasaran dalam menyikapi potensi inflasi, serta selalu berpedoman pada Strategi 4K,” kata Gubernur.

Gubernur meminta Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) baik Provinsi dan Kabupaten/Kota bersama Perangkat Daerah dan Instansi terkait terus melakukan upaya-upaya dalam mengendalikan inflasi.

Gubernur meminta Para Bupati dan Walikota melakukan pemantauan secara berkala terhadap ketersediaan stok barang kebutuhan pokok. Untuk Keterjangkauan Harga dan Ketersediaan Pasokan, Gubernur meminta agar fokus pada komoditas yang menyumbang inflasi seperti beras, cabai merah, cabai rawit, bawang merah, bawang putih, gula dan telur ayam.

Terkait stabilisasi harga, Gubernur meminta agar TPID Kabupaten/Kota melakukan kegiatan seperti Operasi Pasar, Gelar Pangan Murah, Sidak Pasar dan Kerjasama Perdagangan Antar Daerah, dan termasuk penyaluran bantuan sosial tepat waktu dan tepat sasaran.

Tidak kalah penting, Gubernur meminta stakeholder terkait memastikan ketersediaan dan stok energi (BBM, Elpiji, listrik) dan melakukan pengawasan keamanan produk pangan yang beredar.

Di sektor transportasi, Gubernur meminta pihak-pihak terkait melakukan antisipasi karena pada saat yang bersamaan, selain Natal dan Tahun Baru juga terjadi momen liburan sekolah.

“Untuk itu saya minta instansi yang terkait harus pastikan ketersediaan armada angkutan darat, laut dan udara beserta keselamatannya, guna mengantisipasi kenaikan permintaan di akhir tahun,” kata Gubernur.

Agar tidak terjadi kepanikan pada masyarakat, Gubernur meminta Perangkat Daerah serta lembaga lainnya melakukan koordinasi dan komunikasi yang efektif untuk terus memberikan informasi yang positif pada masyarakat.

Gubernur selanjutnya menugaskan seluruh jajaran Satuan Polisi Pamong Praja untuk senantiasa bersiap siaga dalam mencegah dan mengantisipasi aktivitas publik yang mengganggu keamanan dan ketertiban masyarakat. Gubernur juga mengajak seluruh jajaran TNI dan POLRI untuk berkoordinasi secara intens dan kolaboratif, dalam menjamin keamanan penyelenggaraan kegiatan ibadah Natal.

“Saya tegaskan kembali agar kita semua terus melaksanakan koordinasi dan sinergi dengan semua pemangku kepentingan. Saya juga berharap, inflasi di Provinsi Lampung tetap rendah dan stabil dan mewujudkan perayaan Natal dan Tahun Baru yang aman tertib dan dalam suasana yang sejuk,” pungkas Gubernur.

Acara kemudian dilanjutkan pemaparan dari Kepala Perwakilan BI Provinsi Lampung, Karo Ops Polda Lampung, Kadis KPTPH Provinsi Lampung, Kadis Perhubungan Provinsi Lampung, Kakanwil Perum Bulog Lampung dan Sales Area Manager Pertamina Wilayah Lampung dalam rangka persiapan menyambut Hari Raya Natal 2023 dan Tahun Baru 2024.(Red)

Tinggalkan Komentar Anda Mengenai Berita Ini, Harap berkomentar dengan sopan dan bijak.
Digiqole ad

Baca Juga

Leave a Reply