Festival Parekraf Lampung Resmi Dibuka Targetkan 17,5 Juta Pergerakan Wisatawan Domestik
Bandarlampung – Festival Parekraf Lampung resmi dibuka oleh Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Parekraf) Provinsi Lampung, Bobby Irawan,SE., M.Si.
Perhelatan yang digelar di Hall Mall Boemi Kedaton tersebut ditargetkan Pemprov Lampung sebanyak 17,5 juta pergerakan wisatawan domestik.
“Dalam upaya pengembangan ekonomi nasional khususnya di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif, maka pemerintah pusat pada tahun 2024 ini menetapkan target kunjungan 1,7 milyar pergerakan wisatawan domestik, dan Lampung ditargetkan sebanyak 17,5 juta pergerakan wisatawan domestik hal ini.
Sekaligus menegaskan bahwa Provinsi Lampung menjadi bagian dari Gerakan Bangga Berwisata di Indonesia (BBWI) uang kembali digaungkan pada tahun 2024 ini,” Kepala Dinas Pariwisata,” Bobby Irawan, dalam sambutannya, Rabu (08/05/2024) malam.
Ia menjelaskan, Festival Parekraf Lampung 2024 merupakan ruang untuk mempresentasikan dan menumbuhkembangkan potensi unggulan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif di Provinsi Lampung.
“Kegiatan ini diarahkan sebagai media promosi daerah tujuan wisata, daya tarik wisata, produk-produk pendukung industri pariwisata, industri ekonomi kreatif, kerajinan dan potensi daerah lainnya sehingga perlu didukung oleh semua pihak,” jelasnya.
“Harapannya, potensi tersebut dapat menjadi salah satu unggulan nasional di masa depan sekaligus untuk menunjukan identitas dan keluhuran budaya bangsa di tengah-tengah kehidupan masyarakat yang dinamis dan ketatnya persaingan di era global,” harapnya.
Bobby memaparkan, Data Badan Pusat Statistik dan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif R.I mencatat kunjungan wisatawan domestik pada September tahun 2023 berjumlah 10,26 juta wisatawan dengan rata-rata menginap tamu pada hotel berbintang tercatat 1,60 hari.
“Pemerintah Provinsi Lampung melalui Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif berkolaborasi dengan stakeholder pariwisata Lampung menggelar event pariwisata dan ekonomi kreatif berskala nasional yang berupakan Pre-Event K-Fest / Festival Krakatau Tahun 2024 yang bertajuk Festival Parekraf Lampung,” paparnya.
Ia mengatakan, Festival Parekraf Lampung 2024 diselenggarakan mulai dari tanggal 8 – 12 Mei 2024 bertempat di Mall Boemi Kedaton, Bandar Lampung. Rangkaian acara setiap hari dimulai dari pukul 10.00 s.d. 21.00 WIB.
“Penyelenggaraan kegiatan Festival Parekraf Lampung 2024 menargetkan jumlah kunjungan sebanyak ±20.000 orang, dengan Social Economi Size untuk semua kalangan/golongan
strata masyarakat. Rentang usia antara 17 s.d. 65 tahun untuk semua gender. Pengunjung merupakan masyarakat lokal dan wisatawan dari provinsi terdekat, pelajar, mahasiswa dan komunitas-komunitas,” katanya.
Bobby melanjutkan, Dalam rangkaian pembukaan ini juga akan di Launching Inovasi “QRIS PUSAKA untuk UMKM Berjaya”, dimana QRIS -PUSAKA merupakan kependekan dari QRIS – Produk Unggul, Sehat, Berkualitas dan Aman. QRIS-PUSAKA memiliki dampak yang luas kepada masyarakat, baik dari perlindungan
kepada konsumen, menyehatkan kehidupan bangsa dan menurunkan stunting serta mendukung program
penanggulangan inflasi daerah yang merupakan inovasi edukasi produk aman yang berkolaborasi dengan Pemerintah Daerah dan Bank Indonesia.
“Pada tahun 2024 ini Inovasi QRIS-PUSAKA disinergikan dengan program UMKM BERJAYA (Berkelas, Sejahtera yang mendunia). UMKM Berjaya merupakan program kerjasama dan sinergitas bersama dari kita semua, pemerintah daerah Provinsi Lampung, Badan POM, Bank Indonesia dan stakeholder lainnya untuk bahu membahu memajukan UMKM Provinsi
Lampung, memajukan perekonomian bangsa dan mendorong UMKM Berkelas, sejahtera yang mendunia dengan menjual PUSAKA (Produk Unggul Sehat, Berkualitas dan Aman) dengan taglinenya ‘Aman Produknya, Aman Pembayarannya’ Untuk UMKM Berjaya,” tutupnya.
Untuk diketahui, Para Peserta Kolaborasi:
• Perwakilan Kabupaten Kota se-Provinsi Lampung.
• Undangan Provinsi, Kabupaten Kota di luar Provinsi Lampung
• BUMN / BUMD (Mitra Binaan)
• Pelaku Usaha Pariwisata, Industri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (pelaku 17 sub sektor ekonomi kreatif)
• Stakeholder Pariwisata
• Pengelola Tempat Wisata
• Komunitas seni dan budaya.
• Sekolah dan Perguruan Tinggi Pariwisata
• Dunia Usaha, Swasta dan Perbankan
• Media Publikasi dan Media Sosial
Tujuan Kegiatan:
• Mendukung Gerakan Bangga Berwisata di Indonesia Aja.
• Mewujudkan penyelenggara wisata yang bertanggung jawab, yang mendukung upaya pelestarian lingkungan alam, peninggalan sejarah dan budaya.
• Mempromosikan atraksi dan daya tarik wisata unggulan di Provinsi Lampung berikut fasilitas penunjangnya.
• Mempercepat pemulihan ekonomi nasional, dengan mendorong pertumbuhan Usaha, Mikro, Kecil, Menengah (UMKM) di sektor ekonomi kreatif dan pelaku usaha industri pariwisata di Provinsi Lampung.
• Memperkuat daya saing industri pariwisata dan sektor ekonomi kreatif di Provinsi Lampung.
• Memperluas pemasaran melalui pasar wisata domestik dan transformasi pasar wisata digital (Start-Up).
• Meningkatkan kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) pariwisata di Provinsi Lampung.
• Mendorong tumbuhnya inovasi dan investasi pariwisata di kalangan masyarakat.
• Memperkuat pencitraan daerah.
Rangkaian Kegiatan:
• Lomba Mewarnai Gambar dan Cosplay Competition
• Lomba Puteri Anak dan Remaja
• Ceremony Pembukaan Festival Parekraf Lampung
• Talk Show dan Sosialisasi Aplikasi Parekraf Lampung
• Parekraf Berkaraoke dan Lampung Modeling Contest
• Festival Tari Kreasi Lampung
• Opening Ceremony Muli Mekhanai Lampung 2024
• Talent Show Muli Mekhanai Lampung 2024
• Solo Song
• DPD PAPPRI Berdendang
• Lampung K-Pop Community
• Lampung Fashion Show
• Ceremony Penutupan Festival Parekraf Lampung. (Rls/Susi)