Begini Pandangan Eko Desvandani, SH Terkait Pemeriksaan Jaksa “Pinangki Sirna Malasari”

 Begini Pandangan Eko Desvandani, SH Terkait Pemeriksaan Jaksa “Pinangki Sirna Malasari”

Eko Desvandani,SH Praktisi Hukum Advokat / Pengacara

BANDAR LAMPUNG-Pemeriksaan Jaksa “Pinangki Sirna Malasari” terkait tindak pidana korupsi yang dilakukannya bersama Djoko Tjandra oleh Kejaksaan Agung, menurut pandangan Eko Desvandani,SH seorang Praktisi Hukum yang juga Advokat / Pengacara yang memiliki wawasan terhadap tindak pidana berpendapat memang sebaiknya pemeriksaan, penyidikan dan penuntutan terhadap jaksa pinangki diambil alih oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK)”ucapnya, Bandar Lampung, Jumat (04/09/20).

Pendapat tersebut didasari oleh kewenangan KPK yang timbul  berdasarkan UU KPK no 19 tahun 2019 pasal 10A yang pada intinya memberikan kewenangan kepada KPK untuk mengambil alih pemeriksaan dan penyelidikan yang sedang dilakukan oleh Kejaksaan maupun kepolisian,tambahnya

Kemudian selanjutnya pada pasal 11 masih di  UU KPK no 19 tahun 2019 juga menegaskan bahwa tindak pidana korupsi yang melibatkan aparat penegak hukum atau penyelenggara negara atas tindak pidana korupsi yang dilakukan oleh penegak hukum atau penyelenggara negara merupakan kewenangan dari KPK. Hal tersebut baiknya dilakukan untuk menjaga objektivitas dalam penanganan perkara tindak pidana korupsi yang dilakukan oleh oknum penegak hukum atau penyelenggara negara”lanjutnya

Keinginan pimpinan KPK untuk mengambil alih pemeriksaan dan penyelidikan hingga penuntutan atas tindak pidana korupsi yang dilakukan  jaksa Pinagki sangat beralasan bila melihat ketentuan peraturan perundangan. Kejaksaan pun berwenang untuk melakukan pemeriksaan penyelidikan atas tindak pidana korupsi.

Eko Desvandani,SH memberikan pandangan bahwa “untuk menjaga kepercayaan masyarakat dengan melihat obyektivitas dalam penanganan perkara tindak pidana korupsi yang dilakukan oleh aparat penegak hukum dilingkungan kejaksaan ada baiknya dilakukan oleh lembaga diluar kejaksaan”. tutupnya (*)

Tinggalkan Komentar Anda Mengenai Berita Ini, Harap berkomentar dengan sopan dan bijak.

Baca Juga

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *