Gubernur Arinal Ajak MUI Bersinergi Dalam Penangulangan dan Penanganan Pandemi

 Gubernur Arinal Ajak MUI Bersinergi Dalam Penangulangan dan Penanganan Pandemi

Bandarlampung — Gubernur Provinsi Lampung Arinal Djunaidi, memberi sambutan pada acara Sarasehan Ulama Umara dan Pengukuhan Dewan Pimpinan Majelis Ulama Indonesia (MUI) Provinsi Lampung Periode 2021-2026, Bertempat di Ballroom UIN Raden Intan Lampung, Rabu (23/02).

Hadir Dalam Acara tersebut Kaban Kesbangpol, Karo Kesra, Walikota Metro, Walikota Bandar Lampung, Rektor UIN Raden Intan Lampung, Bupati Pesawaran, Ketua Umum MUI Pusat, Sekjen MUI, Ketua Sekjen MUI, Bupati Lampung Selatan dan Ketua Muhammadiyah.

Gubernur Lampung Arinal Djunaidi, dalam kesempatan tersebut mengingatkan peran dan tanggung jawab MUI sebagai lembaga swadaya masyarakat yang mewadahi ulama, zu’ama, dan cendikiawan muslim untuk membimbing, membina dan mengayomi kaum muslimin.

Keberadaan MUI sangatlah penting dan berarti bagi daerah, bangsa dan negara, terutama dalam menyikapi dinamika di masyarakat di masa Pandemi Covid-19 ini.
Gubernur Lampung Arinal Djunaidi berharap MUI mencermati dan mencarikan jalan keluar, mengeluarkan serta menyampaikan fatwa yang tepat, jika terjadi masalah-masalah aktual yang menimpa umat, sehingga umat bisa mengerti, memahami dan tidak salah dalam bertindak, seperti terkait kehalalan vaksin.

Arinal Djuanidi menambahkan Masih banyak kalangan dalam masyarakat yang meragukan kehalalan dan keamanan vaksin yang saat ini diberikan kepada masyarakat.

Gubernur mengharapkan Majelis Ulama Indonesia, untuk memberikan penjelasan yang proporsional terkait hal tersebut, termasuk pula status halal dan haram jika dihadapkan dengan keadaan mendesak.

“Saya harap dengan penjelasan berimbang melalui perspektif hukum keagamaan, masyarakat dapat lebih tenang dalam menerima proteksi tambahan melalui vaksinasi,” tegasnya.

Demikian pula dengan isu-isu aktual lainnya yang muncul,”saya berpesan kepada Majelis Ulama Indonesia untuk menjadi penengah, memberikan penjelasan yang berimbang, serta menjadi pihak yang mampu menenangkan gejolak yang terjadi dalam masyarakat,”ucapnya.

Pemerintah sangat membuka ruang untuk menerima masukan dan pendapat dari para ulama sebagai upaya mencari solusi dalam menghadapi isu – isu aktual.

Pemerintah Provinsi Lampung berkomitmen kuat untuk selalu mendukung dan bekerjasama dalam menjalankan peran fungsi dan program kerja MUI Provinsi Lampung sebagai pelayan umat dan mitra pemerintah demi mewujudkan visi Islam Rahmatan Lil Alamin. (Rls/Kominfotik Prov Lampung )

Tinggalkan Komentar Anda Mengenai Berita Ini, Harap berkomentar dengan sopan dan bijak.

Baca Juga

Leave a Reply