Uji Kompetensi Wartawan, Gubernur Harapkan Wartawan Semakin bertanggung jawab, Profesional dan Menjunjung Tinggi Kode Etik Jurnalistik

 Uji Kompetensi Wartawan, Gubernur Harapkan Wartawan Semakin bertanggung jawab, Profesional dan Menjunjung Tinggi Kode Etik Jurnalistik

Bandar Lampung — Gubernur Lampung diwakili oleh Kepala Dinas Kominfotik Provinsi Lampung, Ganjar Jationo, membuka Uji Kompetensi Wartawan (UKW) angkatan XXVI Tahun 2022, di Balai Wartawan H. Solfian Akhmad, Jumat (25/3).

Sebanyak 36 peserta mengikuti Uji Kompetensi Wartawan (UKW) angkatan XXVI Tahun 2022 yang digelar oleh PWI Lampung ini, dengan rincian 6 peserta UKW Utama, 6 peserta UKW Madya dan 24 peserta tingkat muda. Adapun tema yang diambil dalam UKW XXVI yang diselenggarakan tanggal 25-26 Maret 2022 ini adalah “Wartawan Kompeten Berkolaborasi Mewujudkan Lampung Berjaya”.

Gubernur Lampung dalam sambutannya yang disampaikan oleh Kadis Kominfotik Provinsi Lampung mengapresiasi dan menyambut baik diselenggarakannya uji kompetensi yang diselenggarakan oleh Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Lampung, sebagai upaya untuk meningkatkan profesionalisme, wawasan dan etika wartawan.

“Sehingga dalam melaksanakan tugas jurnalistik selalu memegang teguh Undang-Undang Pers dan Kode Etik Jurnalistik,” kata Gubernur Lampung.

Dalam melaksanakan tugasnya, wartawan harus memiliki standar kompetensi yang memadai dan disepakati oleh masyarakat pers terutama Dewan Pers. Standar kompetensi itu menjadi alat ukur profesionalitas wartawan.

Standar kompetensi tersebut diantaranya meliputi kemampuan untuk memahami etika dan hukum pers, konsepsi berita, penyusunan dan penyuntingan berita, serta bahasa jumalistik. Hal ini juga menyangkut kemahiran melakukan kemampuan yang bersifat teknis. Disinilah dapat diketahui tentang profesionalitas wartawan dalam membuat berita.

Lebih lanjut, Gubernur mengatakan bahwa melalui pelaksanaan uji kompetensi ini akan membawa kemajuan terhadap “dunia jurnalistik” di Provinsi Lampung, khususnya dalam membina para insan pers.

“Agar semakin bertanggung jawab sebagai jurnalis serta dapat bersikap profesional dan menjunjung tinggi kode etik jurnalistik,” ujar Gubernur.

Di akhir sambutannya, Gubernur berharap seluruh peserta dapat memperoleh wawasan, pengetahuan dan kompetensi dalam menjalankan tugasnya sehingga mampu bersinergi dengan Pemerintah Provinsi Lampung beserta stakeholder terkait lainnya dan masyarakat.

“Selamat mengikuti uji kompetensi ini dengan baik, semoga para peserta dapat lulus dengan nilai yang terbaik,” harap Gubernur.

“Semoga pengetahuan, wawasan dan keterampilan yang diperoleh, dapat diaplikasikan dalam melaksanakan tugas saudara-saudara. Mari kita bersama-sama bersinergi membangun Lampung menuju “Rakyat Lampung Berjaya,” sambung Gubernur menutup sambutannya.

Hadir dalam kegiatan Ketua Bidang Publikasi Dan Informasi PWI Nurcholis MA Basyari, Ketua PWI Provinsi Lampung Wirahadikusumah, Tim Penguji Pusat, Ketua Dewan Kehormatan dan Penasehat PWI Lampung, Ketua IKWI Provinsi Lampung.(Dinas Kominfotik Provinsi Lampung).

Tinggalkan Komentar Anda Mengenai Berita Ini, Harap berkomentar dengan sopan dan bijak.

Baca Juga

Leave a Reply