Buka Acara Puncak GenRe Award 2022, Ketua TP. PKK Provinsi Lampung Ajak Generasi Muda Wujudkan Generasi Remaja Berkualitas

 Buka Acara Puncak GenRe Award 2022, Ketua TP. PKK Provinsi Lampung Ajak Generasi Muda Wujudkan Generasi Remaja Berkualitas

BANDARLAMPUNG — Ketua TP PKK Provinsi Lampung Riana Sari Arinal, membuka Acara Puncak GenRe (Generasi Berencana) Awards Provinsi Lampung Tahun 2022, bertempat di Swiss Bell Hotel Bandar Lampung, Kamis (23/06/2022).

Hadir dalam acara Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Provinsi Lampung, Fitrianita Damhuri, Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Lampung Drs. Rudy Budiman, Kepala BNN Provinsi Lampung, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Lampung, Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama di Lingkungan Pemerintah Provinsi Lampung dan Kabupaten/Kota se Provinsi Lampung, Pimpinan Perguruan Tinggi dan sekolah di Provinsi Lampung, Ketua Kwarda Gerakan Pramuka Lampung.

Ketua TP PKK Provinsi Lampung, Riana Sari Arinal saat menyampaikan sambutan mengatakan bahwa Program Generasi Berencana (GenRe) merupakan program yang dikembangkan oleh BKKBN sebagai salah satu upaya untuk membantu remaja agar memiliki perencanaan kehidupan yang baik serta memiliki pengetahuan, kesadaran sikap serta perilaku kehidupan yang sehat dan bertanggung jawab.

Berbagai kegiatan yang dilakukan dalam Program GenRe difokuskan pada Penyiapan Kehidupan Berkeluarga bagi Remaja (PKBR) dengan tujuan agar remaja terhindar dari perilaku beresiko, yaitu Pernikahan usia anak, dimana usia ideal untuk menikah adalah 21 tahun bagi perempuan dan 25 tahun bagi laki- laki, seks sebelum menikah, dan penyalahgunaan NAPZA.

Saat ini, pemerintah Indonesia sedang menggalakkan upaya penurunan prevalensi stunting dimana ditargetkan menjadi 14% di tahun 2024. Kondisi anak yang stunting sulit untuk diperbaiki, sehingga menjadi hal yang sangat penting adalah bagaimana mencegah terjadinya stunting. Dan dalam hal ini, remaja memiliki peran yang penting dalam pencegahan kondisi stunting di Indonesia, yaitu melalui Penyiapan Kehidupan Berkeluarga bagi Remaja (PKBR).

Sebagai upaya dalam mencapai generasi remaja yang berkualitas melalui promosi dan pemahaman program GenRe, maka diperlukan figur motivator dari dari kalangan remaja. Figur motivator inilah yang akan menjadi wakil atau Duta GenRe.

Dengan adanya Duta GenRe, sosialisasi dan promosi program di lingkungan remaja akan lebih efektif karena komunikasi yang terjalin dilakukan dengan pendekatan dari, oleh dan untuk remaja.

“Melalui kesempatan yang baik ini, saya berharap kepada seluruh peserta agar mampu menjadi agen pembaharuan yang dapat membantu mempromosikan dan mensosialisasikan program GenRe kepada remaja di Provinsi Lampung, demi menyongsong Bonus Demografi dan Generasi EMAS 2045. Ibu yakin bahwa anak-anakku yang hadir hari ini adalah putra putri Lampung terbaik,” paparnya.

Riana Sari Arinal juga menyampaikan apresiasi dan ucapan selamat kepada kelompok Pusat Informasi dan Konseling Remaja (PIK R), Bina Keluarga Remaja (BKR), Forum GenRe dan GenRe Competition yang telah terpilih sebagai pemenang. (Dinas Kominfo dan Statistik Provinsi Lampung)

Tinggalkan Komentar Anda Mengenai Berita Ini, Harap berkomentar dengan sopan dan bijak.

Baca Juga

Leave a Reply