Pemprov Lampung Gelar Peringatan Nuzulul Qur’an 1444 H/2023

 Pemprov Lampung Gelar Peringatan Nuzulul Qur’an 1444 H/2023

Bandar Lampung, — Wakil Gubernur Lampung Chusnunia mengajak ASN dilingkungan Pemprov Lampung menjadikan Peringatan Nuzulul Qur’an 1444 H/2023 sebagai bahan Introspeksi dan Introprospektif.

Hal tersebut dikatakan Wakil Gubernur Lampung Chusnunia, saat memberi sambutan pada acara Nuzulul Qur’an 1444 H/2023 M bersama Forkopimda dan jajaran Pemerintah Provinsi Lampung, di Islamic Center Bandar Lampung, Senin (10/04/2023).

Wakil Gubernur Lampung Chusnunia menambahkan, Introspeksi dimaksudkan sebagai bahan perenungan, sudah sejauh mana membaca, menghafalkan dan mengamalkan isi kandungan Al-Qur’an dalam aplikasi kehidupan sehari-hari. Sedangkan Introprospektif bisa dimaknai upaya menjadikan Al-Qur’an terus sebagai penuntun menuju masa depan.

Al-Qur’an di turunkan kepada umat manusia melalui Nabi Muhammad SAW agar menjadi rahmat bagi semua umat manusia, menjadi sumber segala ilmu pengetahuan, dan membimbing untuk menjadi manusia yang lebih baik.

Al-Qur’an adalah petunjuk dan pelita kehidupan bagi umat Islam, yang mengarahkan manusia kepada jalan yang benar. Oleh karena itu, sudah sepatutnya Al-Qur’an tidak hanya dibaca, namun juga dipahami, dan ditanamkan dalam hati, serta diterapkan dalam kehidupan.       

“Syukur Alhamdulillah pada hari ini kita sudah memasuki hari yang ke-19 Puasa Ramadan 1444 H.  Dan pada tahun ini, kita semua berharap dan berupaya untuk dapat melaksanakan puasa dengan tuntas dan penuh dengan keimanan,” ujar Chusnunia

Chusnunia juga berharap kepada ASN di lingkungan Pemerintah Provinsi Lampung untuk dapat terus bekerja secara profesional. Bulan puasa tidak menjadikan kinerja para ASN menurun. Namun bulan Ramadan menjadi momentum untuk memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat. 

Begitu pula, kepada seluruh masyarakat,  Chusnunia berharap untuk senantiasa meningkatkan kerukunan, kebersamaan, persatuan dan kesatuan serta kekompakan antar seluruh warga masyarakat untuk bersama-sama menciptakan situasi yang aman dan kondusif.

“Insya Allah, dengan situasi yang aman dan kondusif tersebut, roda pemerintahan dan pembangunan dapat berjalan dengan optimal, sehingga masyarakat dapat menikmati hasil dari pembangunan yang dilaksanakan pemerintah,” lanjut Chusnunia

Peringatan Nuzulul Qur’an bertepatan dengan hari ke-19 Ramadan 1444 H yang bertemakan “Implementasi nilai-nilai Al-Qur’an sebagai tatanan kehidupan berbangsa dan bernegara”.

Acara diisi dengan pembacaan ayat suci Al-Qur’an surah Al-Baqarah ayat 185 dan Surah Al-Iqra ayat 9 dilakukan oleh Qori Ahmad Darwin dan Sari Tilawah Nurul Imanah,dan ceramah oleh Ustadz Dr. KH. Al-Bukhari Muslim.

Kepala Biro Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Daerah Provinsi Lampung Ria Andari dalam laporannya menjelaskan bahwa dalam kegiatan ini juga diberikan santunan kepada anak yatim dan penyerahan bantuan untuk Masjid di 15 Kabupaten/Kota.

Hadir dalam acara, Kakanwil Kementerian Agama Provinsi Lampung, Sekretaris Daerah, Inspektur, Staf Ahli, Asisten, Kepala Badan, Kepala Dinas, Kepala Biro, Ketua Persatuan Dharma Wanita Provinsi Lampung. (Dinas Kominfo dan Statistik Provinsi Lampung).

Tinggalkan Komentar Anda Mengenai Berita Ini, Harap berkomentar dengan sopan dan bijak.
Digiqole ad

Baca Juga

Leave a Reply