Pemprov Lampung Gelar Sosialisasi Teknis Penyusunan Arsitektur SPBE pada SIA

 Pemprov Lampung Gelar Sosialisasi Teknis Penyusunan Arsitektur SPBE pada SIA

BANDARLAMPUNG — Gubernur Lampung yang diwakili oleh Staf Ahli Bidang Ekonomi, Keuangan, dan Pembangunan, Zainal Abidin, membuka Acara Sosialisasi Teknis Penyusunan Arsitektur Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) pada Sistem Informasi Arsitektur (SIA) Provinsi dan Kabupaten/Kota se-Provinsi Lampung, bertempat di Hotel Golden Tulip Springhill, Kamis (08/06/2023).

Sub Koordinator Tata Kelola Pemerintahan Berbasis Elektronik (PBE) Dinas Kominfotik Provinsi Lampung, Yulia, dalam laporannya menyampaikan bahwa tujuan dari diselenggarakannya kegiatan sosialisasi ialah :

  1. Memberikan pengetahuan tentang Arsitektur Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik Sosial sesuai dengan Perpres No.15 tahun 2018 dan Perpres No. 132 tahn 2022.
  2. Memastikan keterpaduan penerapan SPBE di tingkat Instansi Pusat, Pemerintah Daerah, dan Nasional guna terwujudnya layanan digital nasional yang terpadu.
  3. Merupakan tindak lanjut FGD Pendampingan Penyusunan Arsitektur SPBE pada Instansi Pusat dan Pemerintah Daerah yang dilaksanakan oleh Kemen PANRB.

Gubernur Lampung dalam sambutan tertulis yang dibacakan Staf Ahli Bidang Ekonomi, Keuangan, dan Pembangunan, menjelaskan bahwa semakin kompleksnya tuntutan dan kebutuhan masyarakat modern, pemerintah harus memanfaatkan teknologi dalam memberikan pelayanan secara efektif, efesien, dan responsif.

“Peran kita sangat penting dalam mewujudkan tranformasi digital pelayanan publik. Dengan memahami dan menguasai Arsitektur Sisten Pemerintahan Berbasis Elektronik, kita dapat memberikan layanan yang lebih efektif dan responsif kepada masyarakat” ucapnya.

Dalam upaya mendukung salah satu dari 33 janji kerja “Rakyat Lampung Berjaya” yaitu Infrastruktur Lampung Berjaya, Pemerintah Provinsi Lampung saat ini sedang memaksimalkan SPBE berupa aplikasi, regulasi dan pembangunan peta arsitektur Tata Kelola Pemerintah Berbasis Elektronik dan Teknologi Informasi Komunikasi (TIK).

Selanjutnya Staf Ahli Bidang Ekonomi, Keuangan, dan Pembangunan, menyampaikan pesan dari Gubernur Lampung kepada peserta sosialiasi untuk bersama-sama memperkuat pengetahuan dalam penyusunan arsitektur SPBE pada SIA guna menuju pemeritahan yang modern, efesien, dan responsif terhadap kebutuhan masyarakat.

“Mari kita bersama-sama memperkuat pengetahuan kita dalam penyusunan arsitektur SPBE pada SIA dan melangkah maju menuju era pemerintahan yang lebih modern, efesien, dan responsif terhadap kebutuhan masyarakat” pesannya.

Adapun narasumber pada kegiatan Workshop ini berasal dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi dan Tenaga Ahli Gubernur Lampung Bidang IT dan Tim Evaluator SPBE RI.

Kegiatan diikuti sebanyak 40 orang peserta yang berasal dari Perangkat Daerah terkait di Lingkungan Pemerintah Provinsi Lampung dan Kabupaten/Kota se-Provinsi Lampung.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Kepala OPD dan jajaran ASN terkait di Lingkungan Pemerintah Provinsi Lampung Red Rls Kominfotik Provinsi Lampung (Rls/Admin Pim)

Tinggalkan Komentar Anda Mengenai Berita Ini, Harap berkomentar dengan sopan dan bijak.
Digiqole ad

Baca Juga

Leave a Reply