Pemprov Lampung Peringati Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2023

 Pemprov Lampung Peringati Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2023

Lampung Selatan — Pemerintah Provinsi Lampung melakukan penanaman dan penyerahan bibit pohon di Kawasan Wisata Krakatau Park Bakauheni Harbour City, Lampung Selatan, Kamis (08/06/2023), dalam Puncak Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2023.

Sekretaris Daerah Provinsi Lampung (Sekdaprov) Fahrizal Darminto mewakili Gubernur Lampung Arinal Djunaidi dalam acara tersebut.

Pada kesempatan itu, Fahrizal menjelaskan penanaman bibit ini merupakan salah satu wujud kepedulian bersama menghijaukan lingkungan, serta mengembangkan kawasan Bakauheni Harbour City menjadi kawasan Eco Wisata yang lebih baik lagi.

Fahrizal mengatakan bahwa terdapat banyak manfaat yang bisa didapatkan dari kegiatan penghijauan.
“Antara lain, penghijauan akan meningkatkan kualitas udara menjadi lebih baik, ini dikarenakan pohon menyerap karbon dioksida dan memberikan oksigen melalui fotosintesis,” ujarnya.

Melalui kegiatan penghijauan di dalam Kawasan Bakauheni Harbour City ini, Fahrizal berharap memberi nilai tambah agar kawasan tersebut ramah lingkungan.

Fahrizal juga berharap pohon yang telah ditanam dipelihara dengan baik.
“Semoga apa yang kita lakukan pada hari ini tercatat sebagai amal kebaikan bagi kita semua dan menjadi inspirasi bagi seluruh pihak untuk turut peduli terhadap kelestarian lingkungan hidup kita,” ujarnya.

Meski sempat diguyur hujan, acara ini berlangsung sukses. Sekdaprov Fahrizal bersama Direktur Perencanaan dan Pengembangan PT ASDP, Kepala Dinas Lingkungan Hidup, dan Perwakilan Bupati Lampung Selatan menyerahkan bibit pohon kepada Kepala Pengelola Kawasan Krakatau Park.

Seperti diketahui, peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia dilaksanakan setiap Tanggal 5 Juni.
Pada tahun ini tema yang diangkat adalah “Solutions to Plastic Pollution” (Solusi penanggulangan sampah plastik).

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Emilia yang juga Ketua Pelaksana menyampaikan acara ini diharapkan dapat mengurangi polusi sampah plastik dan menghijaukan bumi.

Kegiatan penanaman pohon ini juga merupakan bagian dari Pekan Lingkungan Hidup dan Kehutanan 2023 (Lampung Environmental and Forestry Week 2023).

Fokus acara adalah bersinergi dan berkolaborasi untuk memperkuat peran generasi muda, agar berkomitmen dan berkontribusi multipihak dalam pembangunan ketahanan iklim.

Sementara itu, Direktur Perencanaan dan Pengembangan ASDP Hary MAC menjelaskan bahwa kegiatan penanaman bibit pohon ini berpotensi memiliki nilai tambah pariwisata di Kawasan Krakatau Park.

Terdapat 550 batang bibit pohon yang ditanam secara bertahap dan secara simbolisnya pada hari ini yang terdiri dari Pohon Dukuh, Matoa, Alpukat, Durian, Pinus, Beringin, Mahoni, Pulai, Eukaliptus, Salam, Pinang, Johar, Tebubayai, Bayur, Pala, Cengkeh dan tanaman Kakau, Lada, Perdu.

Setelah menyelesaikan kegiatan Penanaman Pohon dan Penyerahan Bibit, Sekretaris Daerah Provinsi Lampung Fahrizal Darminto meninjau Kawasan Wisata Siger Park yang berlokasi tidak jauh dari lokasi Bakauheni Harbour City. (rls/tina)

Tinggalkan Komentar Anda Mengenai Berita Ini, Harap berkomentar dengan sopan dan bijak.
Digiqole ad

Baca Juga

Leave a Reply