Program Warung Sehat Resmi di Launching, Gubernur Arinal Djunaidi Dorong Peningkatan Pelayanan Kepada Masyarakat Desa di Bidang Kesehatan

 Program Warung Sehat Resmi di Launching, Gubernur Arinal Djunaidi Dorong Peningkatan Pelayanan Kepada Masyarakat Desa di Bidang Kesehatan

Lampung Timur — Gubernur Arinal Djunaidi melakukan Launching program “Warung Sehat“ di Balai Desa Raman Endra, Kec. Raman Utara, Kamis (12/10/2023).

Launching Program Warung Sehat tersebut dilakukan melalui kerjasama Bumdes Endra Mulya sebagai mitra binaan PT. Kimia Farma Apotek.

Gubernur Arinal menyebutkan, pada pertengahan Tahun 2023 ini telah dikembangkan inovasi bisnis “Warung Sehat” untuk pelayanan obat dan lainnya melalui Badan Usaha Milik Desa (BUM Desa) bekerja sama dengan PT. Kimia Farma Apotek.

Hal ini selaras dengan kebijakan Pemerintah Provinsi Lampung tentang penguatan kualitas SDM, dengan tujuan untuk mempermudah pelayanan masyarakat.

Program Warung Sehat melalui Badan Usaha Milik Desa ini mendukung program pemerintah dengan adanya integrasi link program sehat berjaya dengan akun Lampung sehat yang merupakan inovasi terbaru dan pertama di Indonesia dalam rangka penurunan angka stunting, pemberian layanan kesehatan kepada masyarakat dan penyediaan produk kesehatan masyarakat untuk memenuhi kebutuhan obat, vitamin, perlengkapan bayi dan lain-lainnya bagi masyarakat yang tinggal di desa-desa.  

Gubernur juga mengajak seluruh pihak terkait untuk memposisikan Bumdes sebagai motor penggerak kewirausahaan ekonomi di level desa. Bumdes diharapkan dapat membangun perekonomian pedesaan, diantaranya melalui penagihan pajak kendaraan bermotor, penjualan hasil produksi pertanian, dan warung sehat yang baru saja dilaunching.

“Buktikan desa bukan tempatnya SDM tertinggal. Desa menjadi objek pembangunan, sesuai arahan Presiden, membangun negeri mulai dari desa,” kata Gubernur.

Kepala Dinas PMDT Provinsi Lampung, Zaidirina melaporkan, selain launching yang dilaksanakan pada Bumdes Endra Mulya, launching Warung Sehat juga dilakukan pada Bumdes Maju Sentosa, Kampung Bangun Rejo Lampung Tengah.

Selain itu, juga terdapat 6 Bumdes yang segera merealisasikan program Warung Sehat sebagai Bumdes layak Warung Sehat hasil survey tim bersama antara Kimia Farma Pusat dan Dinas PMDT Provinsi Lampung.

Zaidirina juga melaporkan, 139 Bumdes dan 77 Bumdes bersama telah mendaftar untuk mengikuti Program Warung Sehat. Kedepan Zaidirina menargetkan, 1000 Bumdes akan ikut bergabung ke dalam program ini.

Sementara itu, Direktur Utama PT Kimia Farma Apotek (KFA) Agus Chandra kegiatan ini bertujuan untuk perluasan jangkauan layanan kesehatan kepada seluruh masyarakat Indonesia, pemberdayaan UMKM serta pemerataan layanan kesehatan.

“Tujuan kami sebagai bagian dari BUMN, kami harus memberdayakan masyarakat dan melakukan pemerataan layanan kesehatan dimanapun berada, supaya masyarakat Indonesia selalu sehat,” kata Direktur Utama PT Kimia Farma Apotek.

Agus Chandra juga mengungkapkan bahwa launching Warung Sehat ini merupakan kerjasama yang pertama kali dengan Pemerintah Provinsi di Indonesia. Ia berharap, launching Warung Sehat ini bisa direplikasikan ke seluruh Indonesia.

“Kami memilih Lampung sebagai launching yang pertama di Indonesia dan kami harapkan dapat menjadi percontohan bagi desa-desa yang ada di seluruh Indonesia,” ucap Direktur Utama PT Kimia Farma Apotek. (Dinas Kominfotik Provinsi Lampung).

Tinggalkan Komentar Anda Mengenai Berita Ini, Harap berkomentar dengan sopan dan bijak.
Digiqole ad

Baca Juga

Leave a Reply