Plt. Kadis Pertanian dan Perkebunan Tubaba Buka Sosialisasi Aplikasi e-KPB

 Plt. Kadis Pertanian dan Perkebunan Tubaba Buka Sosialisasi Aplikasi e-KPB

Plt. Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan Kabupaten Tulang Bawang Barat (Tubaba) Nakhoda, SH, MH membuka secara resmi kegiatan Sosialisasi Aplikasi Kartu Petani Berjaya Berbasis Elektronik (E-KPB) Bagi Perangkat Desa Di Kabupaten Tubaba. Bertempat di Berugo Cottage, Panaragan Jaya, Kecamatan TBT. Kamis (12/10/23).

Nahkoda mengatakan, program Kartu Petani Berjaya (KPB) telah memberi banyak manfaat bagi masyarakat di Provinsi Lampung, termasuk di Kabupaten Tubaba.

Program tersebut, lanjut nahkoda, selalu diperbarui dan makin dikembangkan, yang tentunya bertujuan untuk mempermudah dan memperluas jangkauan bagi seluruh lapisan masyarakat.

“Saat ini program KPB dapat dinikmati oleh seluruh petani, tidak hanya yang tergabung dalam kelompok tani. Layanan yang diberikan dalam program KPB pun semakin banyak, tak hanya berkaitan dengan penebusan pupuk bersubsidi, tetapi juga menawarkan kemudahan bagi masyarakat dalam mengakses permodalan usaha, pemasaran hasil pertanian, sarana prasarana pertanian, asuransi pertanian, dan juga tersedia beasiswa untuk anak petani yang berprestasi,” ungkap Nakhoda.

Menurutnya, dengan makin luasnya jangkauan dan juga pelayanan yang diberikan, maka tentunya hal tesrsebut memerlukan kerjasama dari berbagai pihak untuk mensukseskannya.

Dalam kaitan itulah, sambung Nahkoda, para aparatur Pemerintahan Tiyuh diharapkan dapat menjadi salah satu unsur yang mampu membantu menyebarluaskan informasi yang berkaitan dengan program KPB kepada warga masyarakat di lingkungannya masing-masing.

“Melalui kegiatan pada hari ini, saya berharap kiranya para peserta dapat menggali informasi dan pengetahuan seluas-luasnya tentang program e-KPB, sehingga nantinya kita pun dapat memberi jawaban ataupun penjelasan yang memadai apabila ada warga masyarakat yang bertanya tentang keberadaan program ini.”

“Mudah-mudahan kita semua dapat saling bekerjasama dalam mensukseskan program ini, sehingga pada akhirnya keberadaan program ini pun benar-benar dapat makin membantu peningkatan kesejahteraan bagi warga masyarakat Tubaba,” pungkasnya.

Sementara itu, Tenaga Ahli Gubernur Lampung Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi Prof. Dr. Ir. Syopiansyah Jaya Putra, M.Sis, IPU, ASEAN. Eng, menerangkan, kini implementasi KPB cukup menggunakan smartphone. Sebuah smartphone dapat melakukan semua transaksi.

“e-KPB kini bernaung dibawah Dinas Kominfo dan Informatika untuk transformasi digitalisasinya. Sistim aplikasi yang sudah kita bangun ini bukan hanya milik Pemerintah Provinsi, tapi milik Pemerintah Kabupaten, Kecamatan maupun Pemerintahan desa/ tiyuh,” tutupnya.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh beberapa Kepala OPD, Perwakilan BPJS Ketenagakerjaan Provinsi Lampung, Perwakilan Bank Lampung KCP Tubaba, Camat dan aparatur tiyuh se- Kabupaten Tubaba. (Rls/Medi)

Tinggalkan Komentar Anda Mengenai Berita Ini, Harap berkomentar dengan sopan dan bijak.
Digiqole ad

Baca Juga

Leave a Reply