Proyek PDAM Kota Bandar Lampung Diduga Asal Beres, Ini Tanggapan LSM PRL

 Proyek PDAM Kota Bandar Lampung Diduga Asal Beres, Ini Tanggapan LSM PRL

BANDAR LAMPUNG – Diduga kwalitas Piva primer PDAM Kota Bandar Lampung Tidak sesuai bestek dan dikerjakan asalan mengalami Jebol.
Titik jebol tersebut terjadi pada piva saluran primer di Jalan Suekarno- Hatta, tepatnya di perapatan jalan Pulau Tegal Kelurahan Waydadi Kecamatan Sukarame.

Hasil pantauan media ini saptu (22-06-2024), akibat dari jebolnya Piva Primer PDAM kota Bandar Lampung tersebut, puluhan rumah warga dan jalan Pulau Tegal dan Gang Apel 1 terendam air.

Menurut Aminudin S.P ketua LSM Pembinaan Rakyat Lampung (PRL) jebolnya Piva Primer PDAM Kota Bandar Lampung akibat dari pekerjaan yang asal-asalan mengesempingkan teknis serta kwalitas Piva yang tidak memenuhi Spesifikasi Teknis (Spektek) dan kental adanya dugaan Korupsi.

Dikatakan asal-asalan disebabkan kedalaman pemasangan piva tidak merata, ada beberapa titik yang sangat dangkal dari permukaan tanah.

Dugaan adanya nya Korupsi menurut Aminudin S.P, karena disinyalir bahan material piva tidak memehuni standar yang semestinya. Kuat dugaan rekanan membeli piva yang kurang berkwalitas agar sisa anggarannya dapat di Korupsi.

Aminudin Menambahkan, masalah pemasangan Piva PDAM tidak hanya sebatas jebolnya piva, tetapi pekerjan saluran sekunder yang melawati gang-gang seputaran rumah warga pun dikerjakan asalan, terutama setelah pemasangan piva, lubang-lubang bekas galian piva tidak di rapikan kembali, sehingga bila kita lewat gang-gang terkihat lubang-lubang bekas galian piva tidak rata, nyaris seperti timbunan kuburan bahkan beberapa titik aspal badan jalan mengalami kerusakan yang dibuarkan tidak diperbaiki kembali.

Terkait hal tersebut menurut Aminudin, pihaknya sedang melakukan pendataan dan investigasi menyeluruh untuk membuat kesimpulan untuk dilaporkan kepada Aparat Penegak Hukum.

Diketahui Proyek Saluran PDAM Kota Bandar Lampung dikerjakan secara multiyear sejak tahun 2021-2023.

Sampai berita ini dinaikkan, belum ada pihak PDAM kota Bandar Lampung maupun pihak rekanan yang dapat dihubungi guna dimintai tanggapan. (Tim)

Sumber realise : Pusat Pemberitaan Forum Pers Independent Indonesia (FPII) Prov. Lampung.

Tinggalkan Komentar Anda Mengenai Berita Ini, Harap berkomentar dengan sopan dan bijak.
Digiqole ad

Baca Juga

Leave a Reply