FK-UNILA Gelar Penguatan Kader Jumantik dan Pemberdayaan Masyarakat Pencegahan DBD di Karang Anyar

 FK-UNILA Gelar Penguatan Kader Jumantik dan Pemberdayaan Masyarakat Pencegahan DBD di Karang Anyar

LAMPUNG SELATAN- Fakultas Kedokteran Universitas Lampung (UNILA) mengadakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat bertema“Penguatan Kader Jumantik dan Pemberdayaan Masyarakat pada Pencegahan Penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD), di Desa Karang Anyar Kecamatan Jati Agung Kabupaten Lampung Selatan.”

Pengabdian kepada Masyarakat ini berlangsung selama 3 hari 8-10 Juli 2024. Rangkaian kegiatan saat ini Penyuluhan dan Pelatuhan kader JUMANTIK (Juru Pemantau Jentik) d Aula Balai Desa Karang Anyar kecamatan Jati Agung, yang
melibatkan peserta dari berbagai lapisan masyarakat, termasuk kader Jumantik, masyarakat umum, serta di hadiri Bapak Sumanto selaku Kepala Desa beserta jajaran pemerintah Desa Karang Anyar.

Dalam kesempatannya Dr. Sutarto.SKM. EPid. selaku Narasumber sekaligus pelaksana mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan pengetahuan bagi masyarakat mengenai pencegahan penyakit DBD, guna memperkuat peran serta para kader Jumantik dalam upaya pencegahan” Kata nya.

“Selain itu Rangkaian kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat yang dilaksanakan ini meliputi, Penyuluhan mengenai pencegahan penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) yang bertujuan memberikan informasi penting dan strategi pencegahan kepada masyarakat. Dan Pelatihan bagi kader Jumantik untuk meningkatkan kemampuan mereka dalam mendeteksi dan mencegah penyebaran DBD di lingkungan serta Pemasangan baleho promosi kesehatan yang berisi informasi tentang pencegahan DBD sebagai upaya meningkatkan kesadaran visual masyarakat.” Pungkas Sutarto.

Di tempat yang sama Dr.dr.Evi Kurniawaty .M.Sc. Selaku Ketua Kegiatan pengabdian kepada Masyarakat ini mengatakan, Desa Karang Anyar salah satu Desa Binaan dari Fakultas Unila, jadi merupakan tanggung jawab kami menyampaikan informasi tentang pencegahan penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD), di berharap masyarakat Desa Karang Anyar agar lebih siap dalam menghadapi ancaman penyakit DBD serta mampu mengambil langkah-langkah pencegahan yang efektif. Inisiatif ini juga diharapkan dapat menjadi contoh bagi daerah lain dalam mengimplementasikan program pencegahan DBD yang melibatkan partisipasi aktif masyarakat.”Terang Evi.

Bapak Sumanto selaku kepala Desa, yang sekaligus selaku tuan rumah dalam kegiatan ini, mengucapkan terima kasih kepada tim Pengabdian kepada Masyarakat Fakultas Kedokteran Universitas Lampung (UNILA) yang telah mengadakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat di Desa nya, dan berharap warga nya dapat menerapkan 3 M (Menguras, Menutup Penampungan Air dan Mengubur) sehingga dapat mencegah penyebaran penyakit DBD di wilayah Desa Karang Anyar.” Ucap Sumanto.

Terpantau awak media Narasumber selain Dr.dr.Evi Kurniawaty .M.Sc.
ada di antaranya, Ibu Wiwi Febriani S.Gx.M.Si. serta di bantu tim kesehatan dari Unit pelaksanan Teknis Puskesmas Desa Karang Anyar Kecamatan Jati Agung.

Rilis Asep

Tinggalkan Komentar Anda Mengenai Berita Ini, Harap berkomentar dengan sopan dan bijak.
Digiqole ad

Baca Juga

Leave a Reply