FK-UNILA Sosialisasi Pengolahan Limbah Cair Untuk Mencegah Komplikasi Kehamilan Di Kalirejo

 FK-UNILA Sosialisasi Pengolahan Limbah Cair Untuk Mencegah Komplikasi Kehamilan Di Kalirejo

PESAWARAN– Fakultas Kedokteran Universitas Lampung, kembali melaksanakan pengabdian ke masyarakat, kali ini, sosialisasi ditujukan kepada para wanita usia subur (WUS), tentang pengolahan Limbah Cair Rumah Tangga, untuk mencegah komplikasi kehamilan telah terlaksana di Desa Kalirejo kecamatan Negri Katon Kabupaten Pesawaran pada Sabtu.” (06/07/2024)

Terpantau, sosialisasi bagi wanita usia subur ini, terlaksana pada Sabtu 6 Juli 2024 berlangsung di aula Praktek Bidan Mandiri Sri Kadarwati di Desa Kalirejo Kecamatan Negri Katon Kabupaten Pesawaran, turut hadir ketua Tim penggerak PKK, dan Epariyanto kepala Desa Kalirejo.

“Sosialisasi ini di maksudkan, untuk meningkatkan kesadaran dan pengetahuan bagi warga masyarakat tentang dampak pengolahan limbah keluarga yg kurang baik terhadap gangguan kesehatan komplikasi kehamilan. Kebutuhan air bersih rumah tangga yang dikonsumsi tercemar dengan Limbah keluarga akan berdampak merugian kesehatan.”ungkap Sutarto selaku pelaksana, sekaligus narasumber dalam kegiatan.

Acara yang disambut oleh Epariyanto selaku kepala Desa Kalirejo ini, menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada tim pengabdian dari Fakultas Kedokteran Universitas Lampung (UNILA) yang telah berinisiatif mengadakan acara sosialisasi tentang pengelohan limbah bagi kesehatan, diri nya juga mengatakan, mengingat sangat pentingnya edukasi kesehatan bagi reproduksi atau para ibu muda, dalam meningkatkan kualitas hidup dan kesejahteraan masyarakat di Desa Kalirejo.”Ungkap Kades.

Sementara itu, Dr. Sutarto, SKM, EPid juga menambahkan, apabila warga masyarakat pengguna sumur untuk kebutuhan konsumsi, yang perlu diperhatikan ideal yang aman, antara sumur dengan septic tank (WC) berjarak 10 Meter, agar air sumur tidak tercemar dan aman di konsumsi oleh warga.” Terang Sutarto.

Di tempat yang sama, Dr. drr. Ratna Dewi Puspita Sari, Sp. OG Narasumber dari spesialis obstetri dan ginekologi, mengatakan, sosialisasi pengolahan limbah keluarga ini sangat penting di lakukan, karna apa bila limbah keluarga tidak dikelola dengan baik dapat berakibat tercemar nya air konsumsi, secara tidak langsung berdampak kepada Ibu hamil, yang dapat menggangu kesehatan bayi dalam kandungan, hal itu yang perlu sekali kita jaga bersama.” Ungkap Ratna.

“Kegiatan pengabdian bagi masyarakat dari Fakultas ini diketuai oleh Dr. Sutarto, SKM, M.Epid., dan didukung oleh anggota lainnya yaitu Dr. dr. Ratna Dewi Puspita Sari, Sp.OG, dr. Winda Trijayanthi Utama, S. Ked., S.H., MKK, serta mahasiswa dari Program Studi Pendidikan Dokter FK UNILA. bekerja sama guna mensukseskan sosialisasi di Desa Kalirejo.

Terpantau juga acara dilengkapi dengan sesi tanya jawab interaktif, di mana para peserta dapat berkonsultasi langsung dengan para ahli kesehatan, selain memperebutkan doorprize yang memberikan pertanyaan meliputi pengolahan limbah cair Rumah Tangga.”

Rilis Asep.

Tinggalkan Komentar Anda Mengenai Berita Ini, Harap berkomentar dengan sopan dan bijak.
Digiqole ad

Baca Juga

Leave a Reply