Launching Pasar Kreatif dan Seni, Wagub Nunik Komitmen Ekonomi Kreatif Dikembangkan

 Launching Pasar Kreatif dan Seni, Wagub Nunik Komitmen Ekonomi Kreatif Dikembangkan

BANDAR LAMPUNG — Soft Launching Pasar Kreatif dan Seni PKOR Bandar Lampung mendapat respon positif dari Pemerintah Provinsi Lampung, kali pertama dibuka Wakil Gubernur Lampung, Chusnunia Chalim, pada masa normal baru melalui izin yang dikeluarkan oleh Polda Lampung, Sabtu (25/07/2020).

Acara itu sendiri difasilitasi Dinas Pariwisata Provinsi Lampung, oleh Asosiasi Ekonomi Kreatif Nusantara (AEKEN) tanpa mengurangi komitmen dalam rangka memulihkan ekonomi masyarakat
terutama pada masa pandemi covid-19.

” Hal ini tentunya sangat mendukung sekali, tanpa mengurangi rasa komitmen pemerintah provinsi mendorong ekonomi kreatif sebagai penggerak utama pertumbuhan ekonomi nasional
terutama memulihkan ekonomi masyarakat pada masa covid-19 ini sangat luar biasa,” ujar Wagub Nunik dalam konpers bersama wartawan saat Launching Pasar Kreatif dan Seni PKOR Bandar Lampung.

Saat didampingi Kadis Pariwisata Provinsi Lampung, Endarwan, dan hadir Kabid Humas Polda Lampung, Kombes Pol Zahwani Pandra Arsyad, SH. MSi, melanjutkan Wakil Gubernur Lampung, Chusnunia Chalim, bahwa berkenaan itu juga untuk anggaran pertumbuhan ekonomi kreatif di maksimalkan lagi.

” Ekonomi kreatif ini tetap dipertahankan tetapi tidak seratus persen dari APBD Perubahan tahun 2020 termasuk di APBD tahun 2021 yang akan dialokasikan dari anggaran tersebut,” kata Nunik.

Sambung Wagub, terutama kebijakannya kalau sudah ada anggaran, agar tetap berjalan untuk pertumbuhan ekonomi kreatif dari APBD Perubahan dan APBD murni tahun 2021.

” Tentunya hal ini kita dorong dari sisi pemberdayaannya termasuk meningkatkan kemampuan – kemampuannya, lalu menampilkan hasil karya ekonomi kreatif dengan menggandeng pihak-pihak yang bisa mendorong pangsa pasar,” ujarnya

Untuk itu, tambah Wagub, industri kreatif dan wisata harus didorong karena ini saling terkait untuk membuka kesempatan luas dunia pariwisata, jika tidak akan susah, contohnya seperti di Bali ekonomi kreatif dan wisatanya bisa berjalan maksimal.

” Namun dibidang pariwisata saat ini terkena pandemi covid-19 sebagai kejadian luar biasa bencana non alam, banyak memikirkan keselamatan nyawa. Ahamdulillah hingga saat ini memasuki masa pemulihan,” tandas Wagub Lampung.

Kesempatan itu juga Kadis Pariwisata Provinsi Lampung, Endarwan menyampaikan hal tersebut merupakan salah satu bentuk dukungan pemerintah terhadap sektor ekonomi kreatif jadi ini tidak diragukan lagi.

” Terselenggaranya acara ini mutlak dorongan dari teman-teman pelaku ekonomi kreatif dalam naungan Asosiasi Ekonomi Kreatif Nusantara (AEKEN), sedangkan Wakil Gubernur dan Dinas pariwisata sifatnya memfasilitasi,” jelas Endarwan.

Mantan Kadis Pengairan dan Permukiman Provinsi Lampung ini menegaskan acara Soft Launching Pasar Kreatif dan Seni PKOR Bandar Lampung ini telah mendapat izin dari Polda Lampung.

” Alhamdulillah acara ini yang pertama kali berikan izin dari Polda Lampung oleh Kabid Humas Polda Lampung, dalam hal ini Bpk Kombes Pol Zahwani Pandra Arsyad, SH. MSi,” ucapnya.

Tentunya, tambah Edarwan, acara ini adalah bagian dari ekosistem yang harus dibangun dalam rangka mengembangkan ekonomi kreatif.

” Ini merupakan bagian dari ekosistem ekonomi kreatif didalam upaya penyokong utama pertumbuhan ekonomi di Provinsi Lampung,” tutupnya. (Admin Pim)

Tinggalkan Komentar Anda Mengenai Berita Ini, Harap berkomentar dengan sopan dan bijak.

Baca Juga

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *