Riana Sari Arinal Lantik Pengurus YJI Kabupaten/Kota se-Lampung

 Riana Sari Arinal Lantik Pengurus YJI Kabupaten/Kota se-Lampung

BANDAR LAMPUNG — Ketua Yayasan Jantung Indonesia Cabang Utama Lampung Ibu Riana Sari Arinal melantik pengurus Yayasan Jantung Indonesia (YJI) Cabang Kabupaten/Kota se-Provinsi Lampung masa bakti 2020-2025, di Lantai 3, Balai Keratun, Rabu (15/7/2020).

Pada kesempatan itu, Gubernur Lampung Arinal Djunaidi yang diwakili Sekda Provinsi Lampung Fahrizal Darminto berharap semua pengurus dapat menjalankan tugas dan fungsi kepengurusan sesuai dengan Visi Yayasan Jantung Indonesia, yaitu sebagai Pelopor Gaya Hidup Sehat.

Dalam sambutannya, Ibu Riana menyampaikan bahwa Indonesia saat ini terus mengalami peningkatan Penyakit Tidak Menular (PTM), seperti stroke, jantung, kanker, diabetes melitus dan hipertensi. Peningkatan tren PTM ini diikuti dengan pergeseran pola penyakit.

“Jika dulu, penyakit jenis ini biasanya dialami oleh kelompok lanjut usia, maka kini mulai mengancam kelompok usia produktif. Ancaman ini akan berdampak besar bagi SDM dan perekonomian Indonesia ke depan,” ujar Ibu Riana.

Oleh sebab itu, lanjut Ibu Riana, di tahun 2030-2040 mendatang, Indonesia akan menghadapi bonus demografi, di mana usia produktif jauh lebih banyak dibandingkan kelompok usia non produktif.

Ibu Riana yang juga Ketua TP PKK Provinis Lampung ini menjelaskan bahwa tingginya prevalensi PTM di Indonesia disebabkan gaya hidup yang tidak sehat, seperti kurang mengonsumsi sayur dan buah, kurang aktivitas fisik, merokok, dan obesitas.

Kondisi tersebut membuat peran Yayasan Jantung Indonesia (YJI) sebagai organisasi pelopor gaya hidup sehat menjadi sangat strategis.

TJI sendiri, memiliki misi untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya pencegahan penyakit jantung dan pembuluh darah, melaksanakan tata kelola organisasi berdasarkan prinsip Good Governance, dan membangun kemitraan dengan seluruh pemangku kepentingan.

Keberadaan Yayasan Jantung Indonesia ini tersebar diseluruh Provinsi di Indonesia dengan Cabang Utama dan Cabangnya.

“Saya ucapkan selamat kepada seluruh pengurus Cabang Yayasan Jantung Sehat Kabupaten/Kota se- Provinsi Lampung yang baru saja dikukuhkan. Semoga seluruh pengurus dapat bekerja dengan ikhlas dan penuh semangat demi mencapai misi organisasi serta menjadi mitra strategis pemerintah dalam melaksanakan pembangunan di Provinsi Lampung. Demi mewujudkan Rakyat Lampung Berjaya,” kata Riana.

Sementara itu, Gubernur Lampung Arinal Djunaidi yang diwakili Sekda Provinsi Lampung Fahrizal Darminto berharap semua pengurus yang baru dilantik bersungguh-sungguh dan bertanggung  jawab dalam menjalankan tugas dan fungsi kepengurusan sesuai dengan Visi Yayasan Jantung Indonesia, yaitu sebagai Pelopor Gaya Hidup Sehat.

“Program Yayasan Jantung ini sangat baik karena menyentuh semua elemen masyarakat dimulai dari yang mempunyai penyakit jantung bawaan, kelompok masyarakat, kelompok remaja, siswa-siswa sekolah dari SD-SMP-SMA hal ini karena kesehatan jantung adalah menjadi unsur yang wajib dilaksanakan oleh semua individu,” ujar Fahrizal.

Untuk mewujudkan itu, lanjut Fahrizal, Pemprov Lampung berharap para pengurus yang baru dilantik agar dapat bekerja dengan baik melalui membangun kemitraan dengan seluruh stakeholder yaitu Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan organisasi lainya di Kabupaten/Kota masing-masing.

Kemitraan itu terutama yang berkaitan dengan program kegiatan Yayasan Jantung Indonesia, sehingga mampu memberikan kontribusi positif bagi pembangunan daerah. (Adpim)

Tinggalkan Komentar Anda Mengenai Berita Ini, Harap berkomentar dengan sopan dan bijak.

Baca Juga

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *